Senin, 02 Maret 2020

Sejarah ASKLIN di Jawa Barat

 

 

Sejarah ASKLIN

ASKLIN Wilayah Jawa Barat disingkat dengan ASKLIN wilayah Jawa Barat adalah Wadah klinik klinik di wilayah Jawa Barat untuk berhimpun dalam rangka meningkatkan standar mutu klinik dan kualitas pelayanan kesehatan.

Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga medis. (permenkes No 028 tahun 2011)
Telah diperbaharui menjadi Permenkes 09 tahun 2014. Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik.

Berdasarkan Permenkes 028 tahun 2011 yang sudah diperbaharui menjadi permenkes 09 Tahun 2014 klinik dibagi menjadi dua jenis yaitu Klinik Pratama dan Klinik Utama. Sedangkan kenyataannya klinik banyak berkembang mulai dari pelayanan oleh tenaga keperawatan (bidan dan  perawat), klinik pengobatan melalui pengobatan tradisional.

Dalam perkembangan selanjutnya sering ditemukan permasalahan mendasar pada klinik terutama dalam bidang perizinan, kualitas standar pelayanan, permodalan, ketersediaan SDM , manajemen tata kelola klinik, dan akreditasi. Hal itu menuntut penanganan kompleks dan lintas sektoral. Diharapkan kehadiran asklin mampu menjawab tantangan danpersoalan persoalan ini secara mendasar.

FUNGSI

Kehadiran ASKLIN diharapkan dapat membantu baik pemerintah maupun masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan di tingkat pertama juga bagi klinik untuk mencapai pelayanan yang berkualitas. ASKLIN hadir dalam rangka mencapai visi Indonesia sehat dengan berbagai program kerja yang di canangkannya sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar