Sejarah ASKLIN
ASKLIN Wilayah Jawa Barat disingkat dengan ASKLIN
wilayah Jawa Barat adalah Wadah klinik klinik di wilayah Jawa Barat
untuk berhimpun dalam rangka meningkatkan standar mutu klinik dan
kualitas pelayanan kesehatan.
Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan
pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar
dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga
kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga medis. (permenkes No 028
tahun 2011)
Telah diperbaharui menjadi Permenkes 09 tahun 2014. Klinik adalah
fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan
perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik.
Berdasarkan Permenkes 028 tahun 2011 yang sudah diperbaharui menjadi
permenkes 09 Tahun 2014 klinik dibagi menjadi dua jenis yaitu Klinik
Pratama dan Klinik Utama. Sedangkan kenyataannya klinik banyak
berkembang mulai dari pelayanan oleh tenaga keperawatan (bidan dan
perawat), klinik pengobatan melalui pengobatan tradisional.
Dalam perkembangan selanjutnya sering ditemukan permasalahan mendasar
pada klinik terutama dalam bidang perizinan, kualitas standar
pelayanan, permodalan, ketersediaan SDM , manajemen tata kelola klinik,
dan akreditasi. Hal itu menuntut penanganan kompleks dan lintas
sektoral. Diharapkan kehadiran asklin mampu menjawab tantangan
danpersoalan persoalan ini secara mendasar.
FUNGSI
Kehadiran ASKLIN diharapkan dapat membantu baik pemerintah maupun
masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan di tingkat pertama juga
bagi klinik untuk mencapai pelayanan yang berkualitas. ASKLIN hadir
dalam rangka mencapai visi Indonesia sehat dengan berbagai program kerja
yang di canangkannya sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar